Cara Menanam Sukulen Supaya Tumbuh Subur dan Tidak Busuk

bunga untuk sahabat - Meme Florist Semarang
Hadiah Bunga Untuk Sahabat Tersayang Anda
July 15, 2021
Manfaat Aroma Bunga
Manfaat Aroma Bunga Untuk Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya
August 15, 2021
Show all

Cara Menanam Sukulen Supaya Tumbuh Subur dan Tidak Busuk

cara merawat sukulen - Meme Florist

Cara menanam sukulen atau kaktus memang cukup rumit dan diperlukan beberapa cara. Bagi anda para pecinta tanaman, pasti sudah tidak asing lagi dengan sukulen atau kaktus kecil ini. tanaman kecil lucu yang bisa tumbuh di tempat yang kering dan juga panas.

Saat ini sukulen memang sedang booming dan marak diburu oleh pecinta tanaman sehingga banyak orang yang membudidayakan sukulen ini. memang tidak salah jika sukulen menjadi populer, bagaimana tidak tanaman ini tampak simple dan bisa ditanam di outdoor maupun diindoor.

Untuk cara perawatannya pun cukup mudah, karena sukulen tidak memerlukan terlalu banyak air. Namun sebelum berfikir bagaimana cara merawatnya, anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menanam sukulen agar tumbuh dengan baik.

Sebenarnya menanam sukulen tergolong cukup mudah seperti halnya menanam bunga pada umumnya. Namun ada perbedaan khusus yang memang harus diperhatikan dalam menanam sukulen sendiri. Simak penjelasan berikut supaya anda bisa menanam sukulen dengan baik dan benar.

Cara Menanam Sukulen dengan Menggunakan Batang atau Daun

  1. Mempersiapkan Media Tanam

Tanaman yang masih sebangsa dengan kaktus ini memiliki habitat asli dengan kondisi tanah yang kering dan tandus. Jadi supaya sukulen yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik, sebaiknya tanah yang kita gunakan mendekati tanah di habitat aslinya. Ini dia persiapan tanah untuk menanam sukulen :

  • Pertama anda harus menyiapkan tanah yang berpasir, bisa menggunakan pasir biasa atau pasir pantai tetapi usahakan menggunakan pasir kasar. Jika anda menggunakan pasir pantai maka anda harus terlebih dahulu mencuci pasir pantai tersebut hingga kadar garamnya hilang.
  • Kemudian anda perlu mempersiapkan tanah mineral perlit, tanah humus, dan juga sedikit tanah vulkanik.
  • Kemudian anda bisa mencampurkan semua tanah diatas dengan perbandingan 2:5:4:1 yaitu pasir : tanah mineral perlit : humus : vulkanik.
  • Setelah itu aduk hingga menjadi satu dan rata.

Setelah campuran tanah siap, anda bisa menambahkan sekam supaya tanah tidak cepat padat saat disiram dengan air. Tapi hal itu tidak diharuskan, setelah itu pindahkan tanah yang sudah siap kedalam pot.

  1. Memilih Pot

Dalam memilih pot ini anda bisa menyesuaikan dengan ukuran tanaman sukulen yang akan anda tanam. Karena tergolong tanaman hias, maka sebaiknya anda menggunakan poy plastic polybag.

Sedangkan dengan bentuk pot, anda bisa memilih berbagai bentuk dan warna yang anda suka. Jika anda ingin menanam sukulen didalam rumah atau indoor anda bisa menggunakan pot dengan bentuk yang unik dan warna yang kontras dengan cat dalam ruangan anda. Namun jika anda akan menanam nya diluar rumah atau outdoor anda bisa memilih pot dengan satu warna saja seperti hitam atau coklat.

  1. Pengisian Tanah Kedalam Pot

Kemudian setelah anda menentukan bentuk dan warna pot yang cocok, anda bisa memasukkan campuran tanah yang sudah anda siapkan kedalam pot. Tanah yang anda masukkan tidak perlu penuh hingga bibir pot, tetapi anda sisakan sekitar 5 cm dari bibir pot.

Setelah terisi, pastikan anda tidak menyiram tanah didalam pot ini karena sukulen memiliki habitat asli yang kering jadi untuk media tanamnya biarkan kering saja. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan bagian bawah atau akar sukulen menjadi busuk atau layu.

  1. Mempersiapkan Bibit Sukulen

Kebanyakan, tanaman sukulen merupakan jenis kaktus yang berbatang tebal. Dan untuk memperbanyak tanaman ini, anda bisa melakukannya dengan cara vegetative atau memotong bagian daun ataupun akar. Untuk caranya anda bisa memperhatikan cara berikut :

  • Pertama bersihkan terlebih dahulu alat potong yang akan anda gunakan.
  • Kemudian cari tanaman sukulen dewasa yang subur kemudian potong bagian batang atau daunnya sepanjang 8-12 cm. pastikan anda memotong dengan menggunakan pisau atau silet. Jangan sampai anda memotongnya dengan menggunakan gunting tanam atau dengan tangan.
  • Kemudian batang yang sudah anda potong celupkan kedalam hormon tumbuh (ZPT) auxin.
  • Setelah anda celupkan kedalam cairan hormon tumbuh taburi dengan bubuk fungisida untuk menghindari terkena jamur.
  • Nah setelah anda taburi dengan bubuk fungisida, letakkan batang tersebut ditempat yang kering dan bersih yang beralaskan dengan tisu.
  • Lalu tunggu hingga bagian pangkal yang teriris sedikit mongering dan mengkerut.
  • Jika sudah mengkerut anda sudah bisa langsung menanamnya dimedia tanam yang sudah disediakan tadi. Pastikan anda segera menanam bibit setelah sedikit mengkerut dan jangan sampai terjadi pengerutan total.
  1. Penanaman Bibit

Nah ini dia saat yang paling penting, yaitu penanaman bibit sukulen. Anda bisa melakukannya dengan cara dibawah ini :

  • Pertama, gali tanah didalam pot hingga kedalaman setengah atau sepertiga dari tinggi bibit.
  • Masukkan bibit kedalam lubang, kemudian tutup kembali lubang dengan tanah yang sama.
  • Jangan anda siram dan biarkan tanah tetap kering.

Setelah dilakukan penanaman selanjutnya perlu diperhatikan pula tempat peletakkan sukulen.

  1. Penempatan Tanaman

Untuk penempatan tanaman sukulen, anda bisa melakukannya dengan memperhatikan warna dari tanaman tersebut. Jika tanaman yang anda tanam bewarna merah keunguan, anda perlu meletakkan tanaman anda diluar ruangan atau outdoor. Karena sukulen bewarna merah keunguan memerlukan lebih banyak sinar matahari dan kondisi yang panas. Namun jika anda menanam sukulen bewarna kehijauan anda bisa meletakannya di indoor karena sukulen jenis ini bisa beradaptasi di ruangan yang dingin atau kurang mendapat sinar matahari.

Namun walaupun diletakkan didalam ruangan, sukulen tetap membutuhkan sinar matahari untuk bisa melakukan fotosintetis. Jadi anda bisa meletakannya didekat jendela atau tempat yang terkena sinar matahari.

  1. Memperhatikan Kondisi Lingkungan

Karena lingkungan asli dari sukulen merupakan tempat yang panas, maka jika diletakkan didalam ruangan sebaiknya ruangan tersebut tidak ber ac. Namun jika ruangan anda ber ac maka anda bisa mengakalinya dengan menggunakan pot berbahan semen atau tanah liat yang bewarna hitam. Kemudian anda bisa meletakkannya didekat jendela agar mendapat suplai sinar matahari.

Jika anda meletakknya diluar ruangan, anda bisa menambahkan beberapa batu disekitar kaktus yang membantu kaktus dalam menyerap sinar matahari. Dan pastikan kaktus mendapatkan sinar matahari 3-5 jam sehari, atau akan lebih bagus jika terpapar sepanjang hari. Dan pastikan kondisi luar ruangan tetap kering, jika musim hujan yang berkepanjangan maka anda bisa memindahkan ketempat teduh dan kering. Dan anda juga bisa menambahkan penghangat ruangan untuk kaktus anda.

  1. Penyiraman Tanaman

Ini lah hal yang membedakan sukulen dengan tanaman hias lainnya. Jika tanaman lain mendapatkan penyiraman di pangkal akar atau tanah bagian pot maka berbeda dengan sukulen.

Jika anda menyiram sukulen tidak diperbolehkan menyiram pada tanah atau pangkal sukulen. Anda bisa menyiramnya dengan menggunakan spray di batang atau tanaman sukulen. Anda bisa melakukan penyiraman setiap sore hari, dan bisa menyiram akarnya setiap seminggu sekali menggunakan spray.

Nah itu dia cara menanam sukulen yang baik dan benar supaya sukulen bisa tumbuh dengan baik. Setelah itu anda bisa menyiram, memberi pupuk, dan sebagainya sesuai dengan cara merawatnya. Semoga bermanfaat, dan untuk anda yang sedang mencari berbagai hadiah rangkaian bunga anda bisa melakukan pemesanan di Meme Florist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>